Mengenai Saya

Foto saya
Ocha.15yo.Cuma mau cerita pengalaman.Kalok gasuka gausah dibaca:)

Senin, 18 April 2011

Kekisuruhan di pagi hari "Lupus"

Papi Lupus dapet tugas penting.  Kemaren sore sebelum pulang kantor, Papi sempet dipanggil lagi sama bos-nya. Papi pun langsung menghadap bosnya dengan sikap hormat. Nah, rupanya, bos si papi mo ngewanti-wanti lagi untuk kesekian kalinya agar Papi jangan telat masuk kantor besok, karena mau ada investor dari Jepang mau datang.

“Pokoknya jam 7 teng, harus sampe kantor. Tolong dandan yang rapi, karena Anda  yang harus presentasi ke tamu-tamu kita. Kalo sampai mereka tak jadi invest di sini, Anda terpaksa saya pecat! Karena kantor kita sedang pailit,” ujar si bos tegas sambil mengawasi Papi dengan tatapan menusuk sampe ke jantung hatinya... Bikin deg-degan..

Ngerasa udah mempersiapkan bahan meeting itu dengan mantap, Papi langsung aja menenangkan bos-nya yang keliatan stres abis itu, “Tenang aja, Bos! Semuanya akan berjalan sempurna! Saya akan dandan serapi mungkin, dan ngasih presentasi yang meyakinkan banget!”

Mendengar jawaban si Papi, hati si bos jadi rada ademan dikit... Ia lalu berjalan memutari mejanya, dan menepuk bahu si Papi...

“Bagus... Masa depan perusahaan kita tergantung pada kepiawaian Anda, Pak Mul! Saya yakin, Anda pasti berhasil!”

Setelah bos lega, baru deh Papi dibolehin pulang... Papi yang udah kelaperan itu, buru-buru pulang...

Nah, saking takutnya telat bangun,  malam sebelum tidur, si Papi menyiapkan semuanya. Baju dipilih yang paling bagus, celana baru pas beli saat lebaran kemaren, disetrika licin-licin... Weker disetel jam 5.30, dengan volume suara yang pol. Materi presentasi juga udah di print rapih, dan disiapin di sebuah map...

Setelah berkali-kali dicek, dan persiapannya udah cukup mateng, Papi baru berani tidur... Dengan senyum puas menghias di wajahnya...

***
Pagi itu jam di weker udah nunjukin jam 6.30, tapi di atas ranjang masih terdengar dengkuran halus si Papi... Ebuset, ternyata si Papi ternyata masih tertidur nyenyak sambil mimpi indah... Di sisi ranjangnya nampak kosong... Mami udah bangun.  Pagi yang damai itu tiba-tiba dikejutkan oleh suara panci jatuh dari dapur yang bunyinya kedengeran kemana-mana... KROMPYANGGG!!!

Si Papi langsung kaget dan tersengat bangun, dan langsung terduduk.  Ternyata si Mami Lupus sedang ekperimen masak di dapur, dan nampak sedang belepotan tepung... Mami langsung memungut panci yang baru jatuh, dan tepungnya tumpah kemana-mana. Dapur itu nampak berantakan banget kayak kapal pecah. Air panas di ketel yang menjerit-jerit bak peluit pak hansip lagi ngejar maling, microwave yang ngeluarin asep, wajan yang berdesis karena cipratan air dari ketel, etc etc. Pokoknya seheboh-hebohnya duniaaaa... Dan di lemari dapur tertulis menu masakannya: "Eksperimen Sarapan Istimewa Nyonya Anita." Anita tuh namanya Mami Lupus.

Tapi  meski keadaan dapur udah kayak diterpa badai puting beliung, Mami tetap aja semangat, dia bertekad eksperimen masaknya kali ini gak boleh gagal!

Mami lalu membuktikan semangatnya dengan sibuk ngebersihin tumpukan tepung yang bertebaran di lantai. Wajah Mami sendiri udah belepotan berbagai adonan akibat gak pake sarung tangan dan dia ngelap keringat pake tangannya yang kotor oleh campuran adonan. 
Emang  udah bukan pemandangan yang aneh kalo tiap pagi si Mami bereksperimen bikin masakan istimewa untuk sarapan keluarganya. Karena masa  Lupus Kecil ini masa dimana si Mami tuh lagi getol-getolnya eksperimen masak, karena pas Lupus SMA nanti, si  Mami kan akhirnya sukses buka bisnis katering...

“Lada, telur, tepung... Semua udah masuk! Apalagi, ya? Oh! Baking powder!” Mami lalu nyari baking powder. Sambil mencari baking powder, senyum lebar menghias wajahnya... “Hm, pasti kali ini Papi, Lupus dan Lulu bakal surprise makan sarapan spesial buatan Mami...”

Eh, tapi tadi si Papi gimana ya nasibnya? Apa nggak telat tuh dateng ke meeting? Kok dicuekin gitu aja? Nyok kita balik ke kamar, buat ngintip si Papi...
Ealaaah, ternyata si Papi daritadi masih bengong di atas ranjang, ngumpulin sukmanya, lalu tau-tau wajahnya tegang, dengan cepat ia melihat ke jam weker... dan menjerit. Karena di weker jam udah  menunjukkan jam 6.30!!!

“EBUSET!! MEETING PENTING PAGI INI! KOK WEKERNYA NGGAK BUNYIIII??? MAMIIIIIIII!!!” Papi menjerit dan kalang kabut bangun. Narik selimut, loncat turun dari tempat tidur sampe hampir kepeleset, buru-buru pake flipper.

Si Papi nyamber wekernya, dan bengong lagi. Karena pas wekernya dibalik, ternyata baterenya udah gak ada!!!! Bahkan tutup baterenya juga udah kebukaaaaa. Wajah Papi pucat pasi dan panik berat, “Astagaaaa... Baterenya mana?! Pantes nggak bunyi!!!  Ja... Jadi sekarang jam berapa?! Pasti ini kerjaannya... LUPUSSSSSSSSS!!!!!”

Sementara si Lupus ternyata baru kelar mandi pagi. Tangannya yang mungil sedang masukin batere ke discman-nya. “Yayyyyy.... Waktunya konser di pagi hariiii!”

Tangan Lupus langsung memencet tombol play, dan Lupus dengan pake headset gede yang dicolokin ke discman-nya... Lalu cuma dengan pinggulnya dililit handuk, ia bergaya-gaya ala Justin Beiber, kesana-kemari  di lantai kamar mandi yang licin... sambil mulutnya ikut nyanyi dan kepalan tangan membentuk mic.

“And baby, baby, baby uhhh yeaahhh... Baby baby baby uh yeaaahhh....” Lupus sibuk menirukan gaya Justin Bieber, seperti merapikan rambutnya dengan menyentakkan kepalanya. Akibatnya, rambut Lupus yang basah malah tambah berantakan.

Tangan Lupus lalu memencet tombol next di discman buluknya, dan dia menjerit-jerit lebih kencang lagi menyanyikan lagu Justin Bieber lainnya, “Eeine meenie... miney mo lova, shorty is a eenie meenie miney mo lovaaaa...”

Lupus emang ga pake ipod. Bukannya  karena ketinggalan zaman... Tapi gara-gara papinya yang emang pelit setengah mati itu ga mau beliin ipod, padahal dari dulu Lupus udah minta-minta terus. Tapi Lupus malah diwariskan discman peninggalan papinya waktu zaman muda dulu!
Sementara di kamarnya, Papi masih kebingungan sendiri dan panik setengah mati. “Gimana caranya nyampe kantor jam tujuh tiga puluh?! Gimana gimana gimanaaaa?!”

Papi jambak-jambak rambut sendiri, “Aduh-aduh-aduh!! Meeting penting! Masa depan Papiiii! Aduhhhh!!”
Tapi bukannya langsung mandi, Papi malah muter-muter gak jelas di kamarnya. Dia menyambar bajunya yang udah disiapin dari semalam, lalu lari keluar kamar.

Gak lama kemudian, pintu terbuka, dan Papi muncul lagi di kamarnya, ngomel sambil nyamber celananya. “Grrr! Pake acara lupa celana! Lupus emang resehhh!!”

Papi lari keluar kamar lagi, tapi lagi-lagi Papi balik lagi UNTUK KETIGA KALINYA, dan nyamber handuk.

Makin lama, Papi tambah panik!!

Papi pun lari kencang kayak diuber setan sampe ke kamar mandi, lalu dengan heboh menggedor-gedor pintu kamar mandinya, “WOI! Siapa di dalam?! BUKA! PAPI UDAH TELAT NIH!! BUKAAAAA!!” Papi terus menggedor-gedor.

Sementara di dalam kamar mandi, Lupus masih bergaya ala Justin Bieber sambil joget-joget gak jelas. Menirukan gaya Justin yang lagi nge-hits. Dia sama sekali gak denger dan ngeh kalo di luar Papi lagi panik berat dan gedor-gedor pintu kamar mandi,  karena kuping Lupus disumpel headphone gede, dan musik Justin Bieber juga terdengar keras... Lupus memasang musik dengan volume maksimal.

“Eeine meenie... miney mo lova, shorty is a eenie meenie miney mo lovaaaa...”

Di luar, Papi tambah panik! “WOII!! SIAPA SIH DI DALAMMMM?! BUKAAA!! PAPI UDAH TELAT NIH! SENENG YA KALO PAPI DIPECATTTT?!”

DUG-DUG-DUG!!

Lupus tetap cuek dan malah berputar-putar di tempat sampe handuknya mau melorot. Dengan sigap, dia membenahi handuknya sambil tetap nyanyi!
Papi tambah kesal sekaligus tambah bete. Dia menggoyang-goyangkan gagang pintu mandi dengan tenaga king kong dan BRAKKK!! GEDUBRAK!!! Gagang pintu itu copot, dan Papi jatuh terjengkang, sambil menatap tangannya yang memegangi gagang pintu yang copot.

Di dalam kamar mandi, Lupus juga menjerit karena pegangan pintu satunya itu juga terjatuh dan nimpa kakinya. “ADOHHH!!!”

Lupus loncat-loncat sambil muter-muter di tempat sambil memegangi kakinya. Headset-nya udah melorot dari kuping. Papi buru-buru bangkit.

“LUPUS!! Kamu di dalam kamar mandi?! BUKAAAAAA!!!”

Lupus membalas teriakan Papi di luar, “GIMANA BUKANYA, PIIII?! KAN GAGANG PINTUNYA COPOTTTT!!”

Papi bengong sejenak. Lalu dengan beringas, dia menggedor-menggoyangkan-mendobrak si pintu yang malang.

Di dalam kamar mandi, Lupus juga melakukan hal yang sama. Akhirnya, pintu berhasil kebuka juga! Papi masuk ke kamar mandi sambil melotot!

“Semuanya gara-gara kamu!! Ngapain aja sih di kamar mandi?!”

“Ya mandi, dong, Pi. Masak iya Lupus jualan kain batik?!”

“Keluar buruan! Kamu pasti nyolong batere weker Papi, kan?! Ngaku!”

Lupus melangkah keluar sambil menjawab. “Salah Papi sendiri! Kan Lupus udah minta dibeliin iPod dari dulu? Papi malah ngasih barang jaman prasejarah yang pake batere. Jadi jangan salahin Lupus kalo batere Papi, Lupus... pinjem!”

Papi tambah jengkel.

“Eh, discman itu mahal tau! Udah sana keluar!! Papi udah telat!”

BRAK! Papi membanting pintu kamar mandi. Tapi pintu itu nggak bisa ketutup-tutup!

Di dapur, Mami masih komat-kamit merhatiin buku resep ajaibnya. Rambut Mami sekarang udah kayak nenek-nenek, ubanan karena tepung. Keadaan dapur juga udah makin heboh.  Spatula di meja, ketel air yang menjerit-jerit karena airnya udah mendidih, dan bakul adonan yang tergeletak di lantai.

Tapi Mami cuek, sambil menatap buku adonan, tangan Mami bergerak merogoh ke satu kardus, sementara mulutnya menggumam, “Tepung Tapioka secukupnya... Secukupnya tuh berapa ya?” Mata Mami mengerling ke atas sambil mikir, sementara bibirnya tersenyum,   “Mmmm... Empat sendok gede kali, ya?”

Tapi  tangan Mami yang merogoh ke kardus, seperti menyentuh sesuatu yang lembut-lembut. Awalnya Mami masih positif thinking, malah senyum-senyum kegelian. Tapi tiba-tiba aja wajahnya memucat. Wait! Something’s wrong niy... Perlahan, dia ngintip ke dalam kardus. “Kyaaaaa!! ADA TIKUSSSSS!!!” Jeritan Mami langsung terdengar membahana, karena dari kardus emang beneran ada dua ekor tikus putih yang merayap keluar.  Salah satunya bahkan merambati lengannya....

Mami pun loncat-loncatan sambil bergidik!

Tikus putihnya terjatuh di dekat kompor, sambil menatap Mami dengan mata lucunya!

Mami nggak tahan lagi, dan dia udah tau banget siapa yang harus disalahin, “LUPUSSSSSSSSSSSS!!!!!”

Lupus kaget mendengar jeritan dari arah dapur. “Waduh, gawat... Pasti Mami nemu si Miki dan Mini...” Lupus nyengir jahil, dan buru-buru minggat ke kamarnya. Langsung menutup pintunya rapat-rapat, sementara tubuh cekingnya yang kayak papan penggilesan cuma dililit anduk yang menutupi pinggangnya.

Pas balik badan, Lupus melotot kaget ngeliat Lulu, adiknya  itu ternyata ada di kamarnya dan lagi ngaca. Lulu lagi ribet make baju daerah, karena pagi itu dia emang diwajibkan pake baju daerah buat acara kartinian di sekolah.

Melihat bayangan Lupus di cermin, Lulu menjerit, “IHHH! Kak Lupus pornoooo!!!”

“Enak aja porno! Ngapain sih Lu ada di kamar aku?!”

Lulu cemberut. Lupus tambah cemberut.

Lupus langsung menatap curiga, “Lulu mau nyolong uang jajan Lupus, ya?!”

Lulu langsung mengelak, “Enak aja! Lulu mau pinjem spidol merah tau!”

“Heh?! Buat apaan?!”

“Ihhh! Kak Lupus mah lemot abis! Kan Lulu udah pake baju daerah buat acara kartinian! Gak lucu dong kalo gak pake lipstik...”

Lupus melotot kaget, “KAMU NYARI SPIDOL BUAT DIJADIIN LIPSTIK, LU?!”

Lulu menjawab kalem, “Abisnya kan kalo pinjem lipstik Mami ntar diomelin, tau!”

“Ahhh, sebodo! Udah sana keluar! Masih kecil udah genit! Buruan! Gue mau ganti baju!”

“Yeee! Kayak Kak Lupus gak genit aja!”

Lupus gak jawab. Dia sibuk mendorong Lulu keluar kamar. Pas di pintu, handuk Lupus nyangkut dan melorot. Lulu yang ngeliat hal ini langsung ngakak guling-guling, “HAHAHAHAHAHA! Handuknya copot! Burungnya petot!”

Dengan sebal Lupus membanting pintu kamarnya.

Sementara suara ketawa cekakakan Lulu masih terdengar, nggak berhenti-henti.

Dengan senyum penuh kepuasan, Mami keluar dari dapur. Mami bengong ngeliat Lulu ngakak guling-guling.

Sementara ketawa Lulu langsung brenti, berganti dengan ekspresi bengongnya, Lulu yang takjub melihat penampilan ajaib Mami yang acak-acakan.

“Mami abis ngapain, Mi? Mau jadi badut, ya?”

“Yeee! Mami abis masak, tau! Ayo, kamu cobain masakan istimewa spesial maha enaknya Mami!”

Dasar Lulu ogah rugi, dia langsung menunjukkan sanggul yang sejak tadi dia pegang, “Pasangin konde dulu, Miiii! Lulu kan gak bisa masang sendiri!”

“Iya, ntar! Tapi cobain masakan Mami dulu!”

Lulu belum sempat jawab, Papi udah keluar dari kamar mandi dengan langkah tergopoh-gopoh. Mami langsung ceria dan menyodorkan masakannya yang berbentuk aneh, “Papiiiiii... Nih, cium! Enak ya, wanginya?! Tambah cinta, kan, sama Mami?! Ini masakan spesial, istimewa, super enak, maha susah  dan penuh perjuangan bikinnya dengan resep campuran ala Mami!”

Tapi di luar dugaan Mami, si Papi bukannya seneng, malah tambah sewot.  Jiwa pelitnya yang mendarah daging, langsung keluar.

“Papi udah telat! Lagian Mami bikin apaan, sih?! Buang-buang duit aja! Bahan-bahannya pasti mahal, kan?! Ini jaman susah, Mi! Kudu ngirit seirit-iritnya!

Kalo perlu masaknya tahu tempe pete jengkol aja! Nasi pake kecap dan garem juga oke, kok! Gak usah yang aneh-aneh mahal begini!”

Si Mami diomelin gitu langsung bete dan sebel, “Yeee! Pagi-pagi malah sewot! Awas, ya kalo Papi diem-diem nyolong masakan Mami! Huh!”

Tadinya Mami mau melanjutkan ngomelnya,  dan  udah siap-siap narik napas plus ngumpulin tenaganya..., tapi tiba-tiba dia ngendus-ngendus, dan menjerit karena nyium bau hangus! “Astrajingga!!! Masakan Mami!! GOSOOOOOOONG!!!”

Dengan kecepatan kilat, Mami kabur ke dapur lagi.

Papi cuma bisa geleng-geleng.

Lulu yang masih megangin kondenya, langsung menyodorkan tangannya ke Papi, “Papiiii... Pasangin kondeeeee!”

Papi memelototi Lulu, dan masuk kamar sambil ngomel, “Papi mana bisa?! Udah telat tau!! Malah minta pasangin konde! Huh!”

BRAK!!! Papi banting pintu kamar, meninggalkan Lulu yang bengong sambil menatap kondenya.

Di kamarnya, saat membereskan buku pelajaran yang akan dibawa, Lupus tiba-tiba berjengit kayak kesetrum, “Yayyyyyy!!! Ulangan IPS! Belum belajarrrrr!”

Lupus panik dan nyamber buku IPS nya dan mulai ngapalin nama negara dan ibukotanya, “Malaysia ibukotanya Kuala Lumpur, Filipin ibukotanya Manila, Brunei ibukotanya Bandar Seribegawan, Thailand ibukotanya Jakarta... eh, Bangkok deng...” Lupus terus ngapalin dengan tampang cemas sambil mengetuk-ngetuk jidatnya. Maksudnya sih supaya apalannya masuk ke otak...

Sementara di kamar satu lagi, Papi menyibak seprei, kali ini Papi panik nyariin sepatunya. Padahal kalo aja sepatunya ketemu, Papi udah siap berangkat.

Malah udah pake kaos kaki segala...

Lemari pakaian terbuka lebar, dan seperti abis dilanda badai karena berantakan abis.

“Mana sih sepatu andalan Papi?! Mami nih, suka naro barang sembarangan! Udah buru-buru jugaaaaa! Uuuuuhhh!!!!” Makin panik, makin kagak ketemu dah sepatunya.

Papi terus nyari-nyari sepatunya keliling kamar. Bahkan dia melongok ke atas lemari, di bawah bantal, membuka laci meja rias Mami...

Brak!!! Pintu tiba-tiba terbuka dan Lulu masuk.

“Papiiii... Pasangin kondeeee!”

Papi melotot.

“Papi lagi ribet nyari sepatu Papi, tau!!! Eh,  kamu liat gak sepatu Papi?”

Lulu menatap papinya, “Pasangin konde dulu!”

Sambil menggerutu, Papi terpaksa nolongin Lulu pasang konde. Masangnya juga buru-buru banget. Sebentar kemudian, kelar.  Walau hasilnya konde itu terpasang miring.

“Udah tuh! Sekarang mana sepatu Papi?” tagih Papi.

“Ya gak tau. Emangnya tugas Lulu jagain sepatu Papi apa?” ujar Lulu sambil ngeloyor ke arah kaca.

Papi geregetan gemes, sambil menggigit kepalan tangannya, “Ughhhhhhh, Tadi kamu bilang...”

“Lulu kan bilangnya pasangin kondeeee! Weeek!”

Pas di depan cermin, Lulu kaget. Kondenya terpasang terbalik dan miring. Lulu langsung menjerit, “Papiiii! Ini kondenya kebalik! Miring lagi!”

Lulu langsung berbalik, mau protes ke Papi. Tapi Papi udah gak ada di kamar.

Ternyata Papi udah lari keluar kamar, dan mulai sibuk membongkar-bongkar  seisi rumah.

Beberapa kali dia kepeleset karena make kaos kaki.

Mami keluar dari dapur dengan wajah cemberut, “Gagal deh masakan super spesialnya. Gara-gara gosong! Huh!”

“Mi, mana sepatu kulit Papi yang paling bagus?! Buru-buru, nih!”

Ups!! Mami langsung kaget, dan spontan nutup mulutnya.

Papi menatapnya curiga.

Dengan takut-takut Mami bertanya, “Yang coklat buluk? Yang ujungnya lancip kayak mulut curut? Yang jarang Papi pake?”

“Iya! Iya! Iya! Manaaaaa?!” Papi nampak semangat dan nggak sabaran.

“Udah Mami jual ke tukang loak! Dan duitnya buat beli bahan makanan! Pan jarang Papi pake! Kirain udah nggak kepake... “

Papi kaget dan langsung meledak, “Aduh, Miiiiii! Itu kan sepatu kesayangan Papi! Hadiah dari Bos Papi! Belinya di luar negri tau! Papi mau pake sekarang soalnya ini hari penting!!! Ada presentasi sama orang Jepang!! Papi jarang pake karena disayang-sayang, Papi pake khusus kalo ada acara spesial di kantoooorrr!!!”

Mami nyengir, dengan wajah sok innocent, “Ya maap, Pi! Abisnya Mami pikir itu sepatu gak kepake! Makanya Papi jangan pelit ngasih duit ke Mami dong!”

Papi menghela napas kesal dan mulai nyari sepatu lain.

Lupus keluar dari kamar sambil menggendong tas ransel dan masih komat-kamit baca buku IPS nya. “Papiiiiii! Nanya dong! Ibukota Peru apa, Pi?”

“Lima!” Papi menjawab ketus.

“Kagakkk! Satu aja kok ibukotanya! Apa ibukota Peru?!”

“Ibukota Peru ya Lima, Pus!” Papi ngotot.

“Namanya ibukota dimana-mana kan cuma satu, Piiii! Gimana, sih!” Lupus juga ngotot.

Papi nepuk jidatnya, kesel. Dia masih belum nemu sepatunya. Lulu keluar dari kamarnya dengan konde masih miring parah.

“Ya ampuuuuun, Lu! Itu konde apa menara Pisa?! Sini Mami benerin!” Mami dengan sigap merapikan konde Lulu.

Papi udah nemu sepatunya dan udah nyamber tas kerjanya.

“Lupus, Lulu, ayo buruan! Papi udah telattttt!”

“Ehhhh! Tunggu! Cobain dulu masakan spesial maha enak luar biasa istimewa Mami dulu!” tawar Mami dengan manis.

Tapi jawaban Papi, Lupus dan Lulu terdengar kompak dan tegas, “NGGAK MAUUUU!!”

Papi, Lupus dan Lulu lalu keluar rumah, meninggalkan Mami yang cemberut dan ngomel-ngomel kesal . Tau gini kan si Mami gak usah repot-repot bangun dari subuh dan masak sampe belepotan, deh!

***
Jalanan di depan rumah Lupus itu agak menurun. Dan karena rumah Lupus halamannya kecil, mobil butut Papi diparkir di tepi jalan. Mobil ini tipe mobil zaman dulu. Jenis  VW Safari yang kanvas.

Dengan gagah dan pede abis, Papi langsung melompat naik ke mobilnya dan  menstarter.  Tapi ternyata ga nyala-nyala.
Lupus dan Lulu yang udah duduk manis di bangku belakang, menunggu dengan nggak sabar.

Papi menstarter lagi, mesin tetap ngadat.

Berkali-kali dicoba, si mobil gak nyala-nyala.

Akhirnya, Papi noleh ke belakang dengan cengiran kecut. Firasat Lupus dan Lulu udah nggak enak aja.

“Pus, Lu, dorongin mobilnya, dong...”

Lupus dan Lulu dengan kompak langsung menggeleng, “Ogahhhh!!”

“Yaelah, dikit doang! Tuh liat, kan di depannya  jalanannya menurun ini!”

Lupus buang muka ke kanan, “Tapi kan Lupus udah rapi, Pi!”

Lulu buang muka  ke kiri, “Iya! Lulu kan udah pake konde!”

Papi jadi geregetannnn, “Udah deeeeeh, buruan dorongiiiiiin! Daripada gak jalan-jalan???”

Lulu melirik ke Papi, “Tambahin dulu uang jajan Lulu!”

Lupus pun ikut-ikutan, “Iyaaaa, Lupus juga! Tambahin uang jajannya! Masak jajan Lupus cuma gopek!”

“Dasar anak-anak licik!” Papi dengan terpaksa ngeluarin dompet dan ngasih Lupus dan Lulu uang jajan tambahan. Lupus dan Lulu saling high-five dan turun dari mobil.

Lupus dan Lulu dengan sekuat tenaga mendorong mobil, tapi mobilnya gak gerak-gerak.

Papi tambah sewot. “Didorongggg donggg! Tangannya jangan cuma nempel aja! Cepetannn!”

“Papi bawelll!” omel Lupus.

Sementara nggak jauh dari situ, nampak temen-temen SD Lupus yang bernama Pepno, Iko Iko dan Uwie berjalan cepat ke arah rumah Lupus, mau ngejemput Lupus untuk bareng-bareng berangkat sekolah.

Mereka ngos-ngosan menaiki jalanan yang menanjak.

“Lupussss! Pussss!  Ke sekolah yuuuukkk barengan...”

Sementara setelah mencoba dengan sekuat tenaga, akhirnya mobil Papi berhasil bergerak dikit didorong Lupus dan Lulu. Napas mereka berdua udah terengah-engah. Tapi  Papi nyoba starter mobilnya, tetap gak berhasil. “Dorong lebih kenceng! Di depan turunan!”

Lupus ngomel, dan mendorong lagi.

Mobil bergerak agak lebih kenceng dari yang tadi.

Tapi tiba-tiba aja Papi bengong. Dia melihat salah satu bannya lepas dan menggelinding turun ke jalanan yang turunan. “Lho? Lho?! Kok bannya nggelinding sendiri?! “

Sementara Lupus dan Lulu pun gak nyadar kalo ban mobil Papi copot.

Ban itu meluncur cepat ke arah... Pepno, Iko Iko dan Uwie. Anak-anak itu langsung  kaget, ngeliat ada ban yang tiba-tiba menggelinding kencang ke arahnya...  Pas nyadar, Pepno, Iko Iko dan Uwie langsung dengan begonya, balik badan dan lariii... dikejar-kejar sama ban yang menggelinding itu...

Sambil berteriak ketakutan, “Toloooooongggg...”

Mendengar lolongan anak-anak itu, Lupus dan Lulu jadi melongok, ngeliat apa yang terjadi. Lupus dan Lulu langsung bengong menyaksikan pemandangan ajaib: ban mobil nguber ketiga teman-temannya.

Keduanya langsung meledak ketawanya, ngakak.

Sementara di dalam mobil, Papi tambah panik!

“Itu ban mobil akuuuuu....!”

Blum lagi ilang rasa kagetnya, Papi dibikin shock lagi pas ngeliat kap depan mobilnya ngebul! Asap tebal mulai keluar dari kap mesin mobil tua itu. Makin lama makin banyak!!

Papi pun menjerit, “KEBAKARAN!! MOBILKUUUU!!!”

Papi berusaha keluar dari mobil, tapi tiba-tiba para tetangga spontan datang sambil masing-masing membawa ember berisikan air!  Tetangga-tetangga itu ikut berteriak-teriak panik, “Kebakaran! Mobil Pak Mul kebakarrrrr. Siraaaaam!”

BYURRRRR!

Kepala Papi yang baru nongol dari mobilnya langsung dengan sukses kebanjur air yang datang dari segala arah.  Bahkan ada guyuran tetangga yang masuk ke dalam mobil,  sehingga sekarang Papi tambah basah kuyup.Sementara itu, tanpa tau malapetaka apa yang sedang terjadi, dengan senyum lebar si Mami muncul dari dalam rumah sambil bawa tiga bungkusan makanan, “Papiii, Lupusss, Luluuuu! Ini Mami bungkusin makanannnn!”
JRENG!
 Seketika Mami bengong dengan mulut mangap ngeliat Papi yang keluar dari mobil,  udah basah kuyup dan dikelilingi para tetangganya...  Sementara mobilnya masih sedikit ngebul.Tampang Papi udah kayak orang mau nangis.Tawa Lulu dan Lupus makin membahana.Sementara di kejauhan, Pepno, Iko Iko dan Uwie masih jejeritan diuber ban mobil Papi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar